Cara Mengatur Keuangan Bulanan Rumah Tangga
Cara Mengatur Keuangan Bulanan Rumah Tangga

Uang Rumah Habis Terus? Coba Aja Lakuin Cara Mengatur Keuangan Bulanan Rumah Tangga yang Bener Ini

Posted on

Pegangan.com – Di masa krisis kantong memang kita harus mengeluarkan banyak usaha untuk menghimpit pengeluaran dengan cara mengatur keuangan bulanan rumah tangga yang benar. Hal yang keliatan sepele ini kalo nggak dilakuin dengan ntar hasilnya bisa parah di masa mendatang.

Pengeluaran akan boncos terus soalnya kita nggak tahu uang masuk darimana, berapa yang masuk juga kita nggak tahu uang keluar kemana, berapa yang keluar. Nggak susah kok buat menata keuangan dalam rumah tangga, intinya cuman 1 yang nanti bakal dijelasin mimin di artikel ini.

Langsung aja yuk kita bahas cara mengatur keuangan bulanan rumah tangga yang bener:

Cara Mengatur Keuangan Bulanan Rumah Tangga

Inti dari mengatur keuangan adalah mencatat kan? Masalah kita cuman 1, nggak tau. Kalau kita tahu aliran uang keluar masuk, kita juga gampang banget mengatur pengeluaran yang ada. Jadi yang bakal mimin latih disini adalah mencatat, kita bikin buku tabel bulanan simpel aja yang isinya cuman 4 tabel yaitu:

  • Tanggal: Setiap ada transaksi masuk atau keluar, pasti ada tanggalnya kan? Di kolom ini kita akan memasukkan tanggal transaksi yang terjadi
  • Keterangan: Kolom keterangan disini akan diisi keterangan apakah uang itu keluar atau masuk, lalu dipergunakan untuk apa uang itu? Hal yang ditulis di kolom ini harus detail maka dari itu coba untuk membuat kolom ini dengan sedikit lebih besar
  • Jumlah: Di kolom jumlah ini nanti akan diisi berapa jumlah uang yang keluar masuk, setelah diisi keterangan tentu kita mau tahu jumlahnya kan?
  • Saldo: Yang terakhir ini yang paling penting, yaitu saldo. Dari kolom terakhir ini kita akan tahu apakah kita terlalu boros dan berfoya foya ataukah kita sudah hidup cukup hemat. Saat saldo berkurang cukup drastis dalam waktu yang dekat, maka kita perlu mewaspadai karena mungkin yang kita keluarkan tidak sesuai dengan pemasukan

Alangkah baiknya jika seluruh anggota keluarga ikut mengisi tabel pengeluaran ini, karena hal ini nggak bisa dilakukan oleh satu orang saja, misalkan ibu rumah tanga saja yang melakukan ini, otomatis pekerjaannya akan dobel dong jadi akuntan hahaha. Intinya hal ini perlu kerajinan kita untuk menulis serta support yang bagus dari seluruh anggota keluarga.

Jelaskan saja dengan baik kepada seluruh anggota rumah tangga, bahwa keadaan ekonomi itu sedang begini, maka kita harus hemat dan lain lain. Satu lagi, inti dari cara mengatur keuangan bulanan dalam rumah tangga adalah dengan MENCATAT, karena masalah kita adalah ketidaktahuan, itu saja.

Oke, setelah bisa mengatur keuangan diatas, sekarang mimin mau kasih tip dan trik cara mengatur keuangan bulanan dalam rumah tangga.

Kunci Sukses Mengatur Keuangan Keluarga

Kunci Sukses Mengatur Keuangan Keluarga
Kunci Sukses Mengatur Keuangan Keluarga

Keuangan bukan hal yang nggak bisa diatur, asal kita telaten kita pasti bisa menekan pengeluaran dan berhemat dengan cara yang benar.

1. Berhobi Untuk Mencatat

Seperti yang disampaikan di atas bahwa kita harus mencatat, dan ini adalah hal yang mutlak. Selama kita tahu input dan output keuangan rumah tangga, maka akan sangat mudah bagi kita untuk mengaturnya.

Ke-telatenan ini harus diatur, karena tidak hanya berguna dalam ilmu mengatur keuanganan bulanan saja, tapi banyak hal lain yang juga membutuhkan kemampuan menulis ini. Jika semua hal memiliki DATA, maka kita akan mudah menyelesaikan masalah yang ada pada hal tersebut.

2. Membedakan Mana Keinginan dan Kebutuhan

Satu hal yang jarang diketahui banyak orang dalam mengatur keuangan adalah mereka belum tahu mana yang disebut dengan ‘keinginan’ dan mana yang ‘kebutuhan’. 2 Hal ini kita sering menganggapnya sama, atau yang paling parah adalah menganggap keinginan sebagai kebutuhan.

Cara Mengatur Uang Bulanan
Cara Mengatur Uang Bulanan

Contoh dari cara mengatur keuangan bulanan rumah tangga kedua ini seperti bahan makanan pokok yang antara lain; nasi, tempe, tahu, terong, itu semua adalah kebutuhan dimana kita nggak bisa hidup tanpa itu. Tapi misalkan kita ingin membeli mainan atau video atau semacamnya, sebaiknya memang kurangi duulu saat keadaan ekonomi sedang tidak bersahabat.

Jangan paksakan untuk membeli hal-hal yang memang belum mampu terbeli, tapi ayo coba hidup sederhana dan apa adanya. Kalau memang ada uang, kenapa nggak? Tapi kalau lagi nggak ada, ya jangan maksa, artinya kerjanya harus lebih keras, usahanya harus ditambahin dan menambah satu kunci sukses mengatur keuangan keluarga. Biasanya sih ibu-ibu yang seperti ini, maka dari itu dengan melakukan ini bisa menjadi salah satu cara mengatur keuangan ibu rumah tangga yang baik. 🙂

3. Jangan Mudah Terobsesi di Awal Bulan

Biasanya saat kita baru mendapatkann uang di awal bulan misalnya, kita langsung merasa kaya dan hidup bermewah ria. uang itu memang banyak dan terlihat banyak, tapi kalau untuk SEHARI. Uang itu nggak dipakai sehari woy, sadaar. Pas kita nerima uang itu di awal bulan, jangan langsung merasa kaya, banyak hal yang harus dipenuhi, aduuuh aduh.

Cara Mengatur Uang Bulanan

4. Sediakan Uang Untuk Sedekah

cara mengatur keuangan bulanan ibu rumah tangga
cara mengatur keuangan bulanan ibu rumah tangga

Ini dia nih yang terakhir, cara pendukung yang ampuh buat mengatur keuangan bulanan. Bersedekah nggak membuat kita semakin miskin kok, memang secara harta akan berkurang, tapi mungkin kebutuhan kita yang lainnya akan terpenuhi dari jalan yang nggak disangka-sangka.

Bisa jadi juga uang nggak bertambah karena nggak tahu prinsip ini, mungkin saja kita terlalu pelit dan memikirkan diri kita sendiri, hal ini bisa berpengaruh ke pemasukan dan berkahnya rizki kamu setiap bulan. Coba sediakan aja katakanlah 5% sampai 10% dari uang yang kamu dapetin di awal bulan, gunain itu buat sedekah rutin di hari jumat kek atau terserah lah pokoknya. Ini juga termasuk cara mengatur uang bulanan paling baik lho. 🙂

Gimana 4 trik cara mengatur keuangan bulanan rumah tangga menurut pegangan.com diatas? Mudah kan untuk dilakuin? Ayo langsung mulai aja! Nggak pake lama, Nggak pake nanti. Kalau ada yang mau dibicarain atau mau dibahas, sampaikan aja di kolom komentar, mimin terbuka kok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *