cara agar cepat tidur nyenyak
cara agar cepat tidur nyenyak

Nggakbisa Tidur Nyenyak? Coba 5 Cara Agar Cepat Tidur Nyenyak Ini

Posted on

Pegangan.com – Banyak orang yang sudah berusaha untuk tidur, tapi belum bisa juga karena mereka tidak menggunakan cara agar cepat tidur nyenyak yang benar. Padahal tidur itu adalah salah satu kebutuhan yang harus selalu terpenuhi di hidup kita, sangat teramat banyak dampak negatif yang didapatkan dari tidur kita yang tidak teratur, apa lagi nggak bisa tidur.

Maka dari itu kali ini mimin buat artikel pegangan hidup yang bagus buat kamu, kali ini kita akan membahas cara agar cepat tidur nyenyak beserta efek positif dan negatif beserta dampaknya di kehidupan sehari hari, tapi sebelum mulai ke pembahasan caranya, mimin mau bahas dulu dampaknya nih.

Manfaat Tidur Cukup

manfaat tidur cukup
manfaat tidur cukup

Berbagai dampak positif akan muncul saat kita bisa memenuhi kebutuhan tidur kita, bukan hanya fisik tapi jugak secara mental, hati dan rohani. Durasi tidur normal atau wajar bagi seseorang adalah kurang lebih 8 jam dalam sehari, tidak harus di malam hari, jam ini boleh dibagikan ke tidur di siang hari juga.

1. Badan Lebih Bugar dan Sehat

Saat kita tidur dengan anjuran yang benar, kita akan mendapatkan berbagai manfaat salah satunya saat bangun tidur kita akan merasa lebih bugar dan merasa lebih sehat. Saat tidur, otot kita yang seharian bekerja dan berkontraksi akan bisa beristirahat dan siap untuk bekerja lagi di hari esoknya, maka dari itu dari sini kita sudah bisa seimoulkan betapa pentingnya tidur walau hanya sesaat bukan?

2. Mempercepat Proses Penyembuhan

Sejak dahulu kala kita kecil, saat kita sering ke dokter, kebanyakan dokter akan berkata “buat istirahat aja, tidurnya yang banyak, jangan banyak aktivitas”. Benar begitu bukan? Kenapa begitu? Karena saat kita tidur, badan kita akan mengalami relaksasi dan disinilah sistem kekebalan tubuh kita akan benar-benar bekerja dengan baik.

Apalagi kita juga diberi obat, obat juga akan bekerja dengan baik saat tubuh manusia itu beristirahat, maka dari itu saat kita sakit kita akan dianjurkan untuk banyak beristirahat.

3. Berkendara Lebih Aman

Banyak kecelakaan terjadi karena mengantuk. Saat mengantuk, kemampuan kita untuk fokus akan jauh berkurang karena kita terlalu memaksakan diri untuk bekerja saat memang tubuh kita sudah terlalu lelah untuk bekerja. Kecelakaan yang dikarenakan orang mengantuk sering terjadi di malam hari, kenapa? Karena memang malam hari adalah sewajarnya waktu kita untuk beristirahat, jadi jangan pernah paksakan dirimu untuk bekerja saat memang tubuhmu belum mampu.

Walau tidur itu hanya sebentar, yang penting kita mendapatkan tidur yang berkualitas maka kita sudah bisa mendapatkan energi lagi untuk melanjutkan perjalanan dengan aman, maka dari itu lebih baik pinggirkan kendaraanmu segera dan cari tempat beristirahat saat tubuh memang sudah lelah.

4. Lebih Mudah untuk Berkonsentrasi

Seperti yang mimin sampaikan diatas, kekurangan tidur bisa membuat kita mudah kehilangan fokus. Saat kita mendapatkan tidur yang berkualitas, insyaAllah deh bisa konsentrasi bekerja seharian. Ada saatnya dimana kita membutuhkan konsentrasi penuh saat bekerja, dan dari hal itu dibutuhkan dukungan dari tidur yang cukup.

Sekian tulisan diatas adalah membahas tentang manfaat tidur, sekarang mimin mau membahas dari bahanya nih, mau tau gimana bahayanya kurang tidur?

Bahaya Kurang Tidur

bahaya kurang tidur
bahaya kurang tidur

Ketidakmauan dan ketidakmampuan untuk tidur tentu akan memiliki dampak negatif, dan dampak itu bukan hal yang bisa kita buat main main, kita harus perhatikan betul tentang hal ini karena hal ini bisa berpengarruh pada kehidupan kita.

1. Mudah Kehilangan Fokus

Seperti yang disampaikan diatas, saat tidur kita akan mudah untuk fokus, maka jika kita tidak tidur kita akan mendapatkan sebaliknya. Seringkali banyak orang dipanggil tapi tidak menoleh, dia mendengar panggilan itu kepadanya, tapi otaknya terlalu lelah untuk menanggapi serta merespon panggilan itu. Hal ini salah satunya disebabkan oleh kehilangan fokus karena kelelahan karena kurangnya tidur kita.

2. Menurunkan Imunitas Tubuh

Kekurangan tidur atau bahkan tidak tidur sama sekali membuat kerja tubuh kita menjadi kacau, tubuh kita yang seharusnya beristirahat menjadi harus bekerja terus menerus. Saat ini sudah berlebihan dilakukan, imunitas tubuh kita otomatis akan berkurang kinerjanya dan akan sering terkena penyakit.

3. Mudah Marah dan Emosi Tidak Teratur

Bukan hanya fisik yang beristirahat saat kita tidur, tapi juga jiwa dan hati. Dengan kurangnya tidur, hati kita akan semakin sering bergejolak dan akan berbahaya saat kita menghadapi suatu masalah, kita akan lebih sering mudah untuk marah.

Saat masalah itu bisa diselesaikan dengan hanya beberapa langkah, kita akan terjebak oleh amarah kita dan tidak bisa menyelesaikan masalah dengan tenang.

4. Menurunkan Kualitas Penampilan (Mata Panda)

mata panda kurang tidur
mata panda kurang tidur

Siapa yang tidak tahu mata panda, atau kantung mata yang melebar? Hal ini disebabkan karena kurangnya kebutuhan tidur kita, mata kita juga otot otot wajah kita perlu diistirahatkan. Kita akan lebih sering terlihat cemberut juga karena kurangnya tidur.

Penuaan yang terjadi lebih cepat juga mungkin terjadi karena kurangnya tidur kita, elastisitas tubuh kita yang berkurang juga warna kulit kita yang sering terlihat lebih pucat. Pucat jangan dibedakan dengan putih, kulit pucat itu bukan pertanda yang baik, maka dari itu kita harus menambah asupan tidur kita.

Cara Agar Cepat Tidur Nyenyak

cara tidur nyenyak dan mimpi indah
cara tidur nyenyak dan mimpi indah

Mengerikan bukan dampak buruk diatas? Kita harus hindari hal ini, mari kita coba beberapa langkah dibawah yang bisa membuat tidur kita jauh lebih nyenyak dan lebih bermutu.

Di Indonesia memang banyak orang yang susah tidur atau Insomnia, maka dari itu coba kita pecahkan masalah ini. Penyakit susah tidur insomnia bukanlah penyakit selamanya, penyakit ini bisa kok dihilangkan pelan pelan. Mari kita berusaha dengan melakukan 7 cara agar cepat tidur nyenyak dibawah ini.

1. Hilangkan Semua Sumber Cahaya

Ini adalah cara membuat cepat tidur nyenyak yang sudah mimin coba sendiri, mimin sekarang susah tidur kalau lampu belum mati. Saat lampu mati, keadaan gelap akan memaksakan tubuh kita untuk beristirahat walaupun sedikit. Cara pertama ini memang wajib dilakukan, mimin bener bener sudah coba sendiri. Dulu mimin bisa sampe 3 hari nggak tidur, tapi sekarang mimin lebih sering tidur dan lagi tidurnya sekarang lebih awal.

Sumber cahaya bukan hanya berasal dari lampu, tapi juga dari banyak alat elektronik lainnya seperti Handphone, alarm, radio, jam tangan, televisi, dan lain lain. Intinya kita bukan hanya mematikan alat elektronik yang ada, tapi juga menjauhkan mereka sampai kita malas untuk mengambilnya.

2. Gunakan Wewangian yang Menenangkan

Jika kita menggunakan wewangian aromatherapy, kita nggak hanya akan bisa tidur, tapi juga bisa pulas dalam tidur kita. Untuk para pengidap insomnia, cara agar tidur nyenyak ini bakal sangat manjur, karena aromatherapy akan membantu kita untuk rileks dan kian mengantuk.

Tapi jangan menggunakan parfum yang aromanya kuat, coba gunakan parfum hyang memiliki aroma seperti lavender, seruk, usahakan yang memiliki aroma yang berasal dari alam.

Cara Tidur Nyenyak dan Mimpi Indah

3. Tidur Dengan Posisi Miring ke Kanan

Perilaku Rasulullah saat tidur bisa menjadi panutan untuk kita, tidur miring ke kanan bukan hanya menjadi sunnah tapi setelah diteliti tidur ini memang bagus untuk kesehatan. Posisi tidur ini juga dapat membuat kita untuk tidak mendengkur karena  memberikan ruang yang lebih untuk organ dalam kita dan ini menjadi salah satu cara agar cepat tidur nyenyak dan mimpi indah terbaik.

4. Hindari Kafein

Cara agar cepat tidur nyenyak ini cukup susah untuk dilakukan. Kita harus menghindari meminum semua yang mengandung kafein dan juga menghindari obat-obatan. Kenapa begitu? Tentu kita sudah tahu jika tentang kafein, hal ini bisa membuat kita terjaga bahkan sampai semalaman.

Jika kita sudah sering meminum kafein, mungkin agak sulit juga untuk berhenti. Maka dari itu jangan dibiasakan meminum minuman yang mengandung kafein jika memang tidak benar benar membutuhkannya.

Jangan berfikir bahwa “Wah, kayanya kopi sudah nggak berpengaruh lagi, minum terus ah”. Karena hal ini bisa menyebabkan efek yang berkepanjangan.

5. Berdoa Sebelum Tidur

doa sebelum tidur
doa sebelum tidur

Yang terakhir ini adalah usaha pendukung atas apa yang kita lakukan diatas. Minta sama Allah supaya kita diberi kemudahan untuk cepat tertidur, agar hari berlalu dengan lebih cepat. Semua usaha kita diatas bisa saja sia-sia jika kita tidak melakukan yang terakhir ini, kita akan menyerahkan semuanya setelah kita berusaha keras untuk bisa tertidur nyenyak.

Itulah 5 Cara agar cepat tidur nyenyak terbaik menurut Pegangan.com. Bagaimana, menarik kan? Kalau ada yang mau ditanyakan atau mau dibahas lagi, komen aja di kolom komentar dibawah. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *