Umur Menikah Menurut Undang-Undang
Umur Menikah Menurut Undang-Undang

Ini Nih Umur Menikah Menurut Undang-Undang Terbaru

Posted on

Setelah banyak membahas tentang umur menikah menurut pribadi, sekarang mimin mau membahas salah satu hal terpenting dalam pernikahan di negara tercinta kita. Yaitu peraturan tentang umur menikah menurut undang-undang yang berlaku di Indonesia.

Kita bisa saja menikah dengan memanggil penghulu sendiri dan memenuhi syarat secara syariat, tapi kita juga perlu dong diakui oleh negara dan menerima buku nikah yang sah. Negara juga memiliki aturan sendiri untuk pernikahan dan membatasi umur minimal menikah untuk mencegah pernikahan dini.

Nah bagaimana sih peraturan sebenarnya yang menyangkut umur menikah menurut undang-undang? Inilah dia jawabannya menurut Pegangan.com

Umur Menikah Menurut Undang-Undang

akta nikah buku nikah
akta nikah buku nikah

Aturan undang undang untuk menikah sudah menentukan umur minimal yakni 16 tahun untuk perempuan dan 19 tahun untuk laki-laki. Seperti yang disampaikan oleh unsrat.ac.id bahwa peraturan ini telah tertera di Pasal 7 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang perkawinan yang berbunyi:

(1) Perkawinan hanya diizinkan jika pihak pria sudah mencapai umur 19 (sembilan belas) tahun dan pihak wanita sudah mencapai umur 16 (enam belas) tahun.

(2) Dalam hal penyimpangan terhadap ayat (1) pasal ini dapat meminta dispensasi kepada Pengadilan atau Pejabat lain yang ditunjuk oleh kedua orang tua pihak pria maupun pihak wanita.

(3) Ketentuan-ketentuan mengenai keadaan salah seorang atau kedua orang tua tersebut dalam Pasal 6 ayat (3) dan (4) Undang-undang ini, berlaku juga dalam hal permintaan dispensasi tersebut ayat (2) pasal ini dengan tidak mengurangi yang dimaksud dalam Pasal 6 ayat (6).

Dalam undang-undang ini sempat ada berita untuk perubahan bagi usia minimal wanita, yaitu dirubah dari 16 tahun menjadi 19 tahun, tapi ternyata hasilnya nihil karena sempat ditolak oleh MK.

kantor urusan agama kua
kantor urusan agama kua

Usia Laki Laki Minimal Menikah

usia laki laki minimal menikah
usia laki laki minimal menikah

Seperti yang telah disebutkan di undang-undang di atas bahwa usia minimal bagi seorang lelaki untuk menikah adalah 19 tahun. pemerintah menentukan usia ini juga berdasarkan perasaan semata, tapi banyak faktor lain yang dipertimbangkan hingga mendapatkan angka 19 tahun ini.

19 tahun termasuk kedalam area usia produktif bagi pria sehingga di kisaran usia ini, seorang pria sudah cukup matang untuk menikah dan memenuhi kebutuhan rumah tangga.

Usia Perempuan Minimal Menikah

usia perempuan minimal menikah
usia perempuan minimal menikah

Telah disebutkan di Pasal 7 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang perkawinan bahwa perempuan bisa menikah dengan usia minimal 16 tahun. Cukup muda yaa, bahkan berjarak 3 tahun dari sang undang-undang untuk sang lelaki. Memang begitu, karena seperti yang saya sampaikan di usia produktif wanita bahwa seorang wanita akan lebih cepat menjadi dewasa daripada lelaki.

Hal ini menyebabkan perbedaan usia 3 tahun atas peraturan minimal umur menikah menurut undang-undang. Tapi walaupun terlihat muda, pasti sudah diperhitungkan bahwa di usia ini seorang wanita sudah bisa mengurus rumah tangga dengan baik.

Bagaimana tentang ulasan umur menikah diatas? Sudah pada punya rencana buat menikah? Boleh kok nanti dishare dan diceritakan di kolom komentar. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *