virus ebola adalah
virus ebola adalah

Virus Ebola Adalah Virus Apasih Sebenarnya? Ayo Baca Pembahasan Ini

Posted on

pegangan.com – Apa sih sebenarnya Virus Ebola itu? Virus Ebola adalah virus yang pertamakali tersebar di wilayah afrika, tapi dengan seiring waktu, penyakit ini mulai tersebar ke seluruh dunia dan bahkan bisa jadi sampai ke negara tercinta kita virus ebola di Indonesia ini. Maka dari itu, bukankah penting bagi kita untuk mengetahui penyakit ini sebelum memang tersebar terlalu luas? Berpegangan yang erat karena kita akan membahas masalah ini bersama.

Ebola adalah virus yang sangat teramat langka, penyakit ini sangat susah sekali ditemukan tapi sekali saja ada yang terjangkit virus ebola, maka nyawanya akan terancam karena penyakit ini berakibatkan pendarahan di luar dan dalam. Nama penyakit dari virus ebola ini memiliki sebutan Ebola hemorrhagic fever atau demam berdarah Ebola. Tapi di banyak tempat penyakit ini populer dengan nama Ebola saja.

Saat virus ebola sudah mulai menyerang, virus ini akan menurunkan dan bahkan mematikan sistem kekebalan tubuh kita seperti banyak penyakit lainnya seperti Aids, SCID, dll. Tingkat kematian yang cukup tinggi seperti yang disebutkan di wikipedia membuat virus ini ditakuti oleh siapapun seluruh umat manusia, yaitu 50% hingga 90%.

Virus Ebola Adalah

Pertamakali penyakit ini ditemukan itu tidak berasal darisatu tempat, tapi dari 2 tempat yaitu dari Nzara dan Yambuku yang bertempat di negara Sudan dan Kongo. Semenjak kemunculan penyakit ini, penyebarannya sangat signifikan terjadi di seluruh daerah afrika dan memang sangat parah hingga menyebabkan wabah ebola terbesar di tahun 2014.

Tidak hanya di afrika, penyakit ini mulai menyebar ke luar afrika seperti Amerika dan negara tetangganya. Sejak saat itu mulai disimpulkan bahwa virus ebola adalah salah satu virus yang paling mematikan.

Penyebaran Virus Ebola

penyebaran virus ebola
penyebaran virus ebola

Dikatakan bahwa penyakit yang berasal dari virus ebola ini didapatkan dari darah dan cairan hewan yang biasanya adalah kelelawar dan monyet. Kontak langsung dari kelelawar buah dan monyet kepada manusia itulah yang akan mengakibatkan penyakit ini bisa terjadi pada manusia pada umumnya. Apakah para hewan terjangkit penyakit ini juga? Tentu tidak, mereka hanya membawa virus ini dan hanya berefek saat berada di tubuh manusia.

Sesudah memasuki tubuh manusia, penyebaran penyakit ini akan sangat cepat dan langsung terasa. Sekali lagi penyakit ini ditularkan karena kontak fisik, belum pernah ada penyebaran lewat media seperti udara yang tercatat dari penyakit ini.

Untuk seseorang yang sudah pernah sembuh dari virus ebola, penyakit ini masih ada dalam tubuhnya selama kurang lebih 2 bulan atau sekitar 8 minggu dan bisa tertular melalui media sperma. Maka dari itu, saat baru sembuh dari penyakit ini bukan berarti bisa bebas, tetap harus menjaga dan menahan diri dulu selama jangka waktu itu.

Ciri-ciri Virus Ebola

ciri-ciri virus ebola
ciri-ciri virus ebola

Gejala dimulainya penyakit ini atau masa inkubasi dari penyakit ini biasanya berkisar antara 2 hari sampai 3 minggu, walaupun paling sering juga terjadi di jangka waktu yang cukup pendek yaitu dibawah 10 hari.

Dan untuk beberapa orang yang mengalami penyakit ini, gejalanya bisa lebih lama dari itu. Penyakit ini dimulai dari gejala-gejala seperti demam, dan sakit di seluruh tubuh seperti tenggorokan, sakit kepala dan nyeri otot.

Saat penyakit ini sudah mulai menjangkit gejala diatas akan diikuti oleh ciri-ciri virus ebola seperti mual, muntah juga menurunnya fungsi kekebalan tubuh membuat fungsi organ ginjal dan hati kita menurun dan pada kondisi ini orang-orang yang terjangkit virus ebola akan mengalami masa pendarahan.

Pengobatan Ebola

pengobatan ebola
pengobatan ebola

Dari dimulainya wabah ebola yang terjadi di tahun 2014 pun sudah dimulai riset untuk pembuatan vaksin ebola, tapi juga belum ditemukan hasil. Penderita ebola ini sangat disarankan untuk mengkonsumsi air dan mineral serta infus yang disarankan. Penyembuhan untuk penyakit ini juga bisa dimulai pelan pelan dari menyembuhkan gejala yang ada dari penyakit ini.

Doa yang kuat juga sangat diperlukan untuk menyembuhkan penyakit ini karena walau ada obat atau vaksin yang sudah ditemukan pun, kalau memang tidak diijinkan untuk sembuh maka tidak akan sembuh, maka dari itu berdoa adalah salah satu cara pendukung untuk menyembuhkan penyakit ini.

Memang yang terbaik dari penyakit adalah jangan sampai terjangkit dan melakukan pencegahan maksimal. bagaimana cara mencegahnya?

Pencegahan Penyakit Ebola

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Ya, istilah tersebut tentu saja berlaku untuk penyakit Ebola ini. Terdapat beberapa tindakan yang dapat kita lakukan untuk mencegah penyebaran dari virus Ebola ini, di antaranya adalah:

1. Menghindari Kontak Fisik Langsung dari Hewan

Penyebab utama dari penyakit ini adalah binatang bukan? Maka dari itu kita harus sangat menjaga kontak fisik langsung dari binatang liar seperti monyet, kelelawar buah juga banyak lagi hewan lainnya.

Usahakan kita tidak memakan daging hewan secara sembarangan, juga kita sebaiknya untuk memasak dulu daging hewan yang akan kita makan karena virus ebola adalah salah satu virus yang bisa merambat melalui cairan tubuh.

2. Menjaga Jarak dengan Penderita Penyakit Ebola

Bukan berarti kita sudahi hubungan dengan mereka, tetapi kita juga harus tahu batasnya saat kita berhubungan dengan orang yang terjangkit ebola. Bahkan kalau bisa menghindari langsung, yaa lebih baik hindari saja untuk bertemu langsung dengan orang yang terjangkit ebola. Cairan terutama, cairan apapun yang keluar dari orang yang terjangkit penyakit ini jangan sampai berkontak dengan kita.

Juga saat kita memiliki benda benda yang pernah berkontak fisik dengan penderita ebola, kita harus benar benar membersihkannya dengan sarung tangan dan penutup lengkap untuk menjaga tubuh kita.

Jika kita memang benar benar ingin mengunjungi kerabat yang terjangkit penyakit ini, lebih baik tanya dan minta pendampingan dari orang yang sudah berpengalaman.

3. Menjauhi dan Mengkarantina Daerah yang Terjangkit Virus

Saat mengetahui sebuah daerah dengan banyak orang yang terjangkit ebola, maka segera laporkan kepada pihak berwajib dan himbau orang di sekitarmu untuk menjaga diri dari daerah itu.

Bisa jadi banyak hal di daerah itu sudah banyak berkontak fisik dengan para penderita penyakit ebola. Kalau memang belum bisa melakukannya sendiri, memang harus memanggil pihak berwajib seperti polisi dan dokter untuk men-sterilkan daerah tersebut. Virus ebola adalah menjadi salah satu virus yang harus dimusnahkan.

Bagaimana penjelasan diatas? Mudah dipahami kan? Memang virus ebola adalah salah satu penyakit yang mengerikan yang pernah ada, maka dari itu kita sebisa mungkin harus segera bisa menolong mereka dan berusaha sekeras mungkin agar tidak terjangkit penyakit ini. Hidup bersih memang yang utama, mengerti situasi dan kondisi di lingkungan kita dan sekitarnya juga hal yang wajib kita lakukan. Salam dari kami, semoga sehat selalu :).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *